PeRbAndingan motor dengan sepeda di Jepang satu banding seJuta

 
 
 

Sepeda di jepang

Jepang adalah negara yang sangat maju. Negara jepang termasuk negara yang tingkat polusinya kecil. Kenapa begitu. Kalau kita lihat perkembangan pada saat ini bahwa negara Jepang termasuk negara penghasil alat-alat elektronik di dunia. Jepang termasuk negara lokomotif  yang sangat maju di dunia.Yang jadi pertanyaan saya kenapa negara maju, tapi masyarakatnya jarang mengunakan tranfortasi  mobil atau  motor. Dari pengamatan saya selama disini masyarakat Jepang alat tranfortasinya lebih banyak menggunakan kereta api, karena memang alat tranfortasi kereta api di sini sangat maju sekali. Jadwal kereta itu paling lama kita menunggu hanya 4 menit. Maka kalau kita lihat sepintas  kelihatan kotanya sepi, ya karena jarang kendaraan yang lalu lalang di jalan.

Tokyo

Selama saya disini saya amati perbandingan pengguna sepeda dengan motor itu lebih kurang 1 : 1 juta ini saya lihat di Tokyo dan sekitarnya. Karena memang di sini orang jepang di samping kereta api sebagai tranformasi utama meraka juga biasanya lebih senang menggunakan sepada, dapat anda banyangkan betapa berkurangnya pencemaran atau berkurangnya polusi dengan menggunakan sepeda. Dari pengamatan saya juga kebanyakan yang pakai motor di sini juga bukan pribadi tapi biasanya delivery untuk mengantar pesananan barang. Saya bayangan alangkah enaknya kalau ini terjadi di negara kita. Memang sekarang kita di Indonesia sudah mulai langkah awal untuk menggunakan sepada pada hari libur pada jalan-jalan tertentu di Jakarta. Menurut saya itu adalah langkah yang bagus. Karena bagaimanapun juga di samping mengurang polusi kita memakai sepada bisa sebagai olah raga. Kalau saya lihat memang orang di sini lebih sehat-sehat dan lebih gesit. Kesadaran mereka memang kita akui jauh lebih tinggi dari pada kita.

Himbauan saya pada pemerintah  lebih banyak mensosialisasikan penggunaan sepeda di Masyarakat kalau memang ingin negara kita terbebas dari polusi, dan pemerintah juga harus meningkatkan keamanan dan kenyamanan alat tranfortasi di negara kita. Mudah-mudahan dapat

10 thoughts on “PeRbAndingan motor dengan sepeda di Jepang satu banding seJuta

  1. nah kan negara maju seperti Jepang yang memproduksi motor malah jarang yg make motor lebih milih pakai sepeda dan jalan kaki.. negeri kita emang konsumeris abis deh..
    untung sekarang sudah mulai lagi geliat naik sepeda bike to work dll..
    semoga ini di perhatikan oleh pemerintah untuk memberi jalur khusus bagi pengendra sepeda..

  2. seandainya di UGM diberlakukan gerakan bersepeda di lingkungan kampus, pasti dah gak perlu lagi tuh SKKK bikin KIK

    salut buat Jepang, salah 1 negeri yang paling ingin kukunjungi🙂

  3. pantes kemarin pernah ketemu ama org jepang di batam, trus org jepangnya bingung liat di jalanan byk banget yg naik sepeda motor, katanya di jepang jarang..
    wah, enak banget ya bus n KA disana uda aktif ga kaya di indo…
    kapan ya indo akan mengadopsi sistem transportai yg baik spt itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s